Uang Kuno Termahal Di Dunia

Sofhal Jamil 5:44 AM
Uang Kuno Termahal Di Dunia - Ada yang menarik dari mengkoleksi uang kuno. Selain dapat menyalurkan hobi, ternyata saat ini mengkoleksi uang kuno juga merupakan salah satu investasi yang cukup menjanjikan. Pasalnya, harga uang kuno dipasaran kian melejit. Dibawah ini terdapat daftar 10 Uang Kuno Termahal di Dunia yang mungkin dapat menambah minat anda untuk menjadi seorang kolektor uang kuno atau yang lebih dikenal dengan nama Numismatik.

5. 1343 Edward III Florin ($ 6,8 Juta / Rp 82 Milyar )



Hanya ada 3 koin jenis ini yang mampu bertahan hingga 670 tahun lamanya, dan 2 diantaranya saat ini berada dimuseum nasional Inggris. Pada tahun 1340-an, tak banyak kerajaan yang mampu menciptakan koin dengan campuran emas. Maka dari itu, selain usianya yang tua, nilai sentimentil koin ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat harga koin ini menjadi sangat mahal.

4. Brasher Doubloon 1787 ($ 7,4 Juta / Rp 90 Milyar )



Ephraim Brasher adalah seorang tukang emas berbakat yang terkenal pada era 1780an. Pada tahun 1787 ia mengajukan penawaran kepada NY Mint untuk membuat satu set koin tembaga. Namun sayangnya badan legislatif negara tidak mengabulkan permintaan Eprhraim Brasher. Tapi Brasher mengabaikan keputusan tersebut dan memilih untuk membuatnya sebagai koleksi pribadi saja. Sebagian besar koin yang dibuat berbahan dasar perunggu, namun beberapa koin terbuat dari emas 22 karat. Kelangkaan dan usia koin yang sudah berabad-abad tersebut membuat salah satu perusahaan investasi di Wall Street membelinya dengan mahar sebesar $ 7, 4 Juta.

3. 1907 Saint-Gaudens Double Eagle ($ 7,5 Juta / Rp 91 Milyar )


Koin ini di desain oleh Augustus Saint-Gaudens dan mulai diproduksi oleh US Mint pada tahun 1907. Koin dengan desain yang rumit ini kembali di modifikasi oleh US Mint karena pihak US Mint merasa kesulitan untuk memproduksi koin tersebut dalam jumlah yang besar. Meskipun koin ini diproduksi secara masal, namun keberadaan koin ini sangat langka.

2. 1933 Saint-Gaudens Double Eagle ($ 7,6 Juta / Rp 92 Milyar )


Usia koin ini mungkin tidak terlalu tua. Namun nilai sejarah dan kelangkaannya membuat koin Double Eagle1933 menjadi salah satu koin terlangka di dunia. Awalnya US Mint memproduksi masal koin tersebut. Namun pada tahun 1933, Presiden Franklin D. Roosevelt membuat sebuah kebijakan yang melarang siapapun untuk memiliki emas demi mengatasi perbankan wracking AS pada saat itu. Akhirnya, koin-koin ini ditarik dari pasaran dan dilebur. Namun diketahui 20 diantaranya dicuri pada saat peleburan koin. 19 koin telah ditemukan oleh CIA dan 9 diantaranya telah dilebur kembali dan 10 sisanya telah berada di museum. 1 koin yang belum diketemukan terjual dengan harga mencapai $ 7,6 Juta pada tahun 2002 silam.

1. 1794/5 Flowing Hair Silver/Copper Dollar ($ 10 Juta / Rp 121 Milyar )


Ini adalah koin 1 dollar pertama yang diproduksi oleh US Mint. Koin yang memiliki nilai sejarah ini diproduksi pada tahun 1794 dan 1795 dengan komposisi 10 persen tembaga dan 90 persen perak. Keberadaan yang langka dan usianya yang sangat tua membuat koin ini terjual dengan harga $ 10 Juta atau senilai Rp 121 Milyar pada bulan Januari 2013.(Lima Besar)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »