Ikan Purba yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Sofhal Jamil 7:44 PM
Ikan Purba yang Masih Hidup Sampai Sekarang - Mendengar Kata purba mengingatkan kita akan dinosaurus yang sudah punah namun ternyata tidak bagi penghuni laut ini. Beberapa ikan ini bertahan hidup melewati masa ke masa dan bertahan hingga sekarang ini.

Berikut adalah 5 Ikan Purba Yang Masih Hidup Sampai Sekarang :

5. Alligator Gar

Predator purba berkulit tebal ini telah ada sejak 100 juta tahun yang lalu dan dapat ditemukan di Amerika Selatan dan Meksiko Utara atau Timur. Merupakan ikan purba air tawar terbesar di Amerika Utara namun juga terkadang dapat ditemukan di lautan.

Memiliki nama Alligator (Buaya) Gar karena penampilan mereka yang menyerupai reptil dan rahan panjang dengan barisan gigi tajam mengitari rahang tersebut. Uniknya, ikan ini dapat hidup di luar air hingga 2 jam namun untungnya tidak bisa berjalan di luar air karena pernah ada kasus dimana ia sering menggigit perenang manusia.

4. Hagfish

Sering disebut juga sebagai salah satu hewan laut paling menjijikkan, namun juga ternyata juga merupakan ikan purba yang telah bertahan hidup selama 300 juta tahun. Penemuan fosil membuktikan bahwa mereka telah hidup jauh lebih lama daripada dinosaurus yang sudah terkenal.

Tubuh ikan purba ini sangat berlendir dan jika digabungkan dengan air akan menjadi cairan yang sangat lengket. Hagfish memakan bangkai hewan yang jatuh ke dasar laut dengan cara menempelkan diri mereka ke bangkai dan merobek daging bangkai tersebut, kemudian memakannya dari dalam.

3. Frilled Shark

Hiu yang disebut sebut sebagai fosil hidup karena penampilannya yang aneh ini telah ada sejak zaman purba dimana T-Rex masih sangat menyeramkan, yakni pada periode Cretaceous atau sekitar 100 juta tahun yang lalu. Tidak berbahaya bagi manusia dan kenyataannya, mungkin karena ikan purba ini hidup tanpa pernah bertemu manusia karena ada di perairan sedalam 5.000 kaki.

2. Coelacanth

Salah satu ikan purba yang paling terkenal sebagai fosil hidup dan disebut-sebut telah ada sejak 350 juta tahun yang lalu. Sebelumnya dikira telah punah hingga ditemukan kembali pada tahun 1938. Dapat tumbuh hingga 2 meter dan sangatlah jarang terlihat, kemunculan pertama ditemukan di Afrika Selatan dan kedua kalinya di Indonesia. Walaupun jarang ditangkap atau diburu karena rasa mereka yang sangat buruk, Coelacanth tetap masuk dalam status hampir punah .

1. Goblin Shark


Memiliki bentuk benar-benar seperti mahluk yang baru keluar dari mimpi buruk seseorang. Ikan purba ini benar benar menyerupai alien karena bentuk hidung yang panjang, kulit bewarna pink gelam, gigi yang menyeramkan, dan dapat tumbuh hingga 14 kaki. Hidup di perairan sedalam ribuan kaki dan diperkirakan telah ada sejak 125 juta tahun yang lalu.(Lima Besar)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »