Lima Pesawat Kepresidenan Dari Berbagai Negara

Sofhal Jamil 7:48 PM
Lima Pesawat Kepresidenan Dari Berbagai Negara – Seorang presiden atau kepala negara selalu menikmati pelayanan nomor satu. Mulai dari pengawal pribadi, mobil yang canggih, hingga pesawat kepresidenan. Presiden memang memerlukan semua itu untuk menjalankan tugasnya. Pesawat kepresidenan paling populer adalah Air Force One, milik Amerika Serikat.

Selain Amerika, negara-negara lain ternyata juga memiliki pesawat kepresidenan yang tidak kalah canggih. Bahkan tahun 2014 lalu, Indonesia baru saja memiliki pesawat kepresidenannya. Ingin tahu pesawat kepresidenan yang digunakan para pemimpin dunia? dikutip dari news.lewatmana.com, Berikut adalah Lima Pesawat Kepresidenan Dari Berbagai Negara :

1. Amerika Serikat


Sejak tahun 1990, Pemerintah Amerika Serikat memiliki 2 pesawat kepresidenan Boeing 747-200B. Pesawat ini dijuluki Air Force One. Sebetulnya, sebutan Air Force One pada pesawat ini bukan merujuk pada spesifikasi pesawat. Sebutan Air Force One dipakai untuk membedakan pesawat yang ditumpangi oleh Presiden AS dan jika yang terbang adalah Wakil Presiden, pesawat kepresidenan disebut Air Force Two.

Pesawat ini sering ditampilkan dalam beberapa film, tak heran jika Air Force One menjadi ikon dalam hal pesawat kepresidenan. Pesawat yang bisa terbang hingga 45.100 kaki ini mampu membawa 53.611 galon bahan bakar. Dengan kapasitas ini, Air Force One disebut-sebut mampu mengelilingi sepertiga dunia tanpa mengisi bahan bakar dalam sekali terbang.

2. Brasil

Brasil memiliki pesawat kepresidenan dari varian Airbus tipe A319. Pesawat tersebut memiliki dimensi yang lebih pendek dibanding varian A320 yang populer dipakai maskapai penerbangan di seluruh dunia. Walaupun desainnya lebih pendek, pesawat ini memiliki daya jelajah yang lebih jauh. Pesawat tersebut diberi nama Santos-Dumont, nama itu diambil dari Alberto Santos-Dumont, pionir penerbangan dari Brasil.

3. Rusia

Rusia menggunakan pesawat kepresidenan yang diproduksi oleh negaranya sendiri, yakni Ilyushin II-96-300PU. Konon pesawat ini sangat mewah, kamar mandinya berlapis emas, lantai terbuat dari marmer, dinding berlapis sutera, dan fasilitas mahal lainnya. Pesawat ini dikabarkan memiliki kapsul untuk melarikan diri, seperti salah satu yang ditampilkan dalam film Air Force One.

4. Jerman

Pemerintah Jerman menggunakan Airbus seri A340-300 yang telah dimodifikasi untuk penerbangan jarak menengah dan jauh. Pesawat kepresidenan itu diberi nama Konrad Adenauer, nama kanselir Jerman pertama. Selain pesawat tersebut, pemerintah Jerman juga mengoperasikan enam jet Challenger 601 dan tiga helikopter AS532 Cougar untuk melayani kebutuhan transportasi anggota parlemen, dan para menteri.

5. Jepang

Pemerintah Jepang memiliki dua pesawat khusus, yang masing-masing untuk Kaisar dan Perdana Menteri. Pesawat-pesawat itu berjenis Boeing 747-400. Masing-masing pesawat berkapasitas 140 orang. Pesawat yang memiliki nama resmi Seifu-Senyo-Ki ini juga bisa digunakan untuk proses evakuasi warga Jepang dan misi-misi lain ke luar negeri.(Lima Besar)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »