Makanan Khas Lebaran Di Indonesia

Sofhal Jamil 8:37 PM
Makanan Khas Lebaran Di Indonesia – Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran selalu identik dengan makanan khas yang tersedia, baik di ruang makan atau di ruang tamu. Pastinya Anda akan selalu ingat karena rasanya yang khas dan cuma ada setahun sekali!

Berikut adalah Lima Makanan Khas Lebaran di Indonesia seperti yang dikutip dari news.lewatmana.com :

1. Ketupat


Ketupat sebenarnya merupakan hidangan khas Asia Tenggara Maritim, sehingga selain di Indonesia, ketupat juga bisa kita jumpai di negara Asia Tenggara lain seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan Brunei Darusalam. Ternyata ada filosofi tersendiri lho di balik ketupat.

Anyaman kulitnya yang rumit dan saling tumpang tindih dianggap mencerminkan perjalanan hidup kita. Perjalanan kita akan selalu diselingi oleh kesulitan dan masalah. Selain itu tali yang tidak putus pada anyaman ketupat menggambarkan pentingnya silahturahmi.

2. Opor Ayam

Pasangannya Ketupat, tentu saja Opor Ayam. Ini pasangan yang pas memang. Daging ayam yang direbus dengan santan bercampur rempah-rempah khas Indonesia ini juga menjadi menu andalan yang tidak pernah ketinggalan saat lebaran.

3. Rendang

Rendang adalah makanan asli Sumatra Barat dan sudah terkenal ke seluruh dunia. Bahkan CNN International pada 2011 telah menobatkan rendang sebagai makanan terlezat di dunia. Biasanya rendang terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak bersama santan kental yang kaya akan kandungan bumbu rempah.

4. Sambal Goreng Hati Kentang

Makanan ini juga pasti kita temui saat Lebaran. Potongan kentang berbentuk dadu yang diolah dengan berbagai rempah pilihan ini dicampur dengan hati sapi, ampela, dan pete. Citarasa sambal goreng kentang yang pedas dan warnanya yang menarik pastinya akan menggugah selera makan kita.

5. Kue Nastar

Kue kering bisa jadi teman saat berkumpul bersama keluarga di ruang keluarga ataupun saat menjamu tamu yang datang. Kue kering seperti Nastar yang berisi selai nanas ini menjadi kue yang paling diminati dan dicari saat hari raya Idul Fitri.(Lima Besar)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »